Tips seputar Mentimun

timun
Beberapa tips yang harus diperhatikan tentang mentimun
  1. Pilih mentimun yang tidak lembek, berwarna hijau cerah hingga hijau gelap. Jangan pilih mentimun berwarna kuning, lembek, kulitnya keriput, dan terdapat lapisan lilin. Sebaiknya pilih mentimun organik.
  2. Agar mentimun tidak pahit setelah dikupas, potong kedua bagian ujung ketimun, kemudian gosok memutar hingga keluar getah berwarna putih, lalu cuci dengan air mengalir.
  3. Mentimun sangat sensitif terhadap panas, jangan menyimpan mentimun pada suhu kamar atau terkena paparan sinar matahari langsung karena akan membuat mentimun layu. Simpan dalam kulkas agar awet selama seminggu. Namun jika ingin mendapatkan kualitas rasa dan kesegaran maksimal, konsumsi mentimun minimal 1-2 hari setelah dibeli.
  4. Bila terdapat sisa mentimun yang sudah terlanjur dikupas dan dipotong, kemas dalam plastik pembungkus. Kemudian simpan dalam wadah kedap agar mentimun tetap segar dan tidak mengalami kekeringan (kehilangan air) jika disimpan dalam kulkas akan awet selama satu hari.

Timun Berduri - Timun Landak

Kiwano, Buah Unik berduri 

timun berduri
Bentuk buah ini unik. Bulat lonjong dengan tonjolan kulit mirip duri atau tanduk. Warnanya kuning menyala dan daging buahnya berwarna hijau segar. Tampilan yang unik dan cantik ini masih ditambah rasa yang unik pula. Penampilan buah ini mirip buah melon besarnya hanya saja bulat panjang. Yang menjadi ciri khas buah asal Afrika ini adalah tanduk atau duri yang ada di beberapa bagian kulitnya. Mirip buah naga tetapi lebih besar. Umumnya warna kulitnya kuning oranye dengan daging buah berwarna hijau segar.

timun landak
Karena bentuknya yang unik, kiwano punya berbagai nama julukan, sebut saja African horned cucumber, jelly melon, hedged gourd, juga ada yang menyebut mentimun bertanduk, atau labu lindung. Di bagian tenggara Amerika Serikat, kiwano disebut blowfish fruit karena bentuknya mirip ikan buntal. Jika dipotong maka akan terlihat daging buah yang berair dan segar. Rasanya seperti campuran antara jeruk, jeruk nipis, dan mentimun namun ada sedikit jejak rasa rasa pisang. Teskturnya lunak dan ringan di mulut, dan bijinya halus putih seperti timun dan aman dimakan. Buah ini selain dimakan begitu saja, dibuat jus atau dipotong sebagai hiasan kue dan dessert.

buah kiwano
Buah yang disebut 'Gakachika' di Zwimbawe ini dapat tumbuh secara alami di ladang maupun semak-semak. Tak heran jika orang banyak meninggalkannya di ladang, agar bisa tumbuh dan dipanen lagi pada musim berikutnya. Pertumbuhan buah yang sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu ini paling baik dikembangbiakkan saat musim panas. 

Kiwano kini dikembangkan di California, Chile, Australia, dan Selandia Baru. Dalam kelompok tumbuhan kiwano tergolong keluarga jenis timun, labu, melon dan semangka. Secara nutrisi Kiwano kaya akan serat, vitamin A dan vitamin C. Kandungan nutrisi ini berkhasiat melancarkan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Di Indonesia buah yang sudah tersedia dan bibitnya di toko pertanian hanya saja jenis yang hijau kulitnya.

Mengatasi masalah Kulit dengan Mentimun

Jangan dulu buang sisa mentimun yang ada di kulkas atau dapur Anda, karena ternyata masker timun dapat mengubah wajah Anda terlihat muda. Timun atau mentimun juga dapat dikombinasikan dengan bahan lainnya untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah.

masker mentimun
Berikut adalah beberapa resep masker mentimun yang bisa Anda coba dirumah.
  • Kulit berminyak
Memiliki kulit yang berminyak memang dapat menjadi momok yang menakutkan bagi perempuan. Sayangnya di iklim tropis Indonesia, perempuan cenderung memiliki kulit yang berminyak karena paparan sinar matahari yang tinggi.

Untuk mengatasinya, ambil satu batang mentimun dan potong menjadi dua. Cukup gunakan setengah batang saja untuk kemudian dikupas kulitnya dan diblender. Oleskan ramuan ini pada wajah dan tunggu 15 menit. Cuci dengan air bersih dan usap dengan handuk perlahan.
  • Mentimun alpukat
Masker dari kombinasi mentimun dan alpukat bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti pori-pori besar, kulit kusam, berminyak, dan sangat bagus digunakan untuk perawatan sehari hari untuk mencegah kerut yang membuat wajah nampak tua.

Cara untuk membuat ramuan ini sangat mudah, cukup ambil seperempat batang mentimun dan parut, campurkan dengan alpukat yang telah dilumatkan dengan perbandingan 1:1.

Sebagai tambahan, campurkan satu butir putih telur dan dua sendok teh susu bubuk.
Simpan ramuan ini dalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit untuk sensasi yang lebih menyegarkan di kulit.

Oleskan pada wajah dan tunggu selama 20–30 menit, lalu basuh dengan air hangat dan tepuk tepuk wajah dengan handuk kering. Pakailah masker ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.
  • Menghilangkan noda wajah
Noda di wajah juga merupakan musuh besar bagi wanita, namun kita bisa mengatasinya dengan rajin menggunakan ramuan mentimun yang satu ini.

Siapkan setengah batang mentimun yang telah dikupas, satu sendok makan susu cair tanpa lemak, dan satu sendok makan yoghurt.

Campur ketiga bahan diatas dan blender hingga lumat dan tercampur rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah dan tunggu selama kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk secara perlahan.
  • Kulit Putih Bercahaya
Untuk mendapatkan wajah cerah bercahaya, kita juga bisa memanfaatkan mentimun yang murah meriah daripada harus pergi ke klinik kecantikan berbiaya mahal.

Caranya sederhana, buat ramuan masker yang terbuat dari satu sendok makan selai mentimun yang dicampurkan dengan air mawar secukupnya. Usapkan pada wajah dan tunggu selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...