Apa saja manfaat Mentimun

Repost: Solopos.com

timun
Mentimun kerap dijadikan lalapan bersanding dengan lauk seperti ayam goreng, bebek dan lainnya. Mentimun memang kaya manfat. Mentimun adalah sayuran yang paling banyak dibudidayakan di dunia dan termasuk salah satu kategori makanan yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sayuran ini sering disebut juga dengan makanan super. Ambil satu buah mentimun yang berwarna hijau tua, masukkan ke keranjang belanja Anda dan selamat, Anda telah membeli paket untuk hidup sehat. 

Berikut ini 10 manfaat mentimun : 
  • Mentimun merupakan pemasok cairan
Jika Anda tidak terlalu banyak minum air, konsumsilah mentimun, karena dalam 1 buahnya mengandung 90% air. Hal ini akan menggantikan cairan tubuh yang hilang.
  • Mentimun mengurangi racun dalam tubuh
Kandungan air yang terdapat dalam mentimun berguna sebagai pembersih racun dan menyapu bersih zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi mentimun secara teratur, dapat mengurangi resiko penyakit ginjal.
  • Mentimun sebagai pelengkap vitamin sehari-hari
Mentimun memiliki paling banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin A, B dan C akan mendorong sistem kekebalan tubuh dan memberikan energi.
  • Mentimun sebagai mineral yang baik untuk kulit
Mentimun memiliki kandungan potassium, magnesium dan silikon yang tinggi. Hal ini dapat dibuktikan banyaknya produk perawatan kulit yang menggunakan bahan mentimun.
  • Mentimun mempermudah sistem pencernaan dan mampu menurunkan berat badan
Berrdasarkan kandungan air yang tinggi dan rendah kalori, mentimun ,merupakan sumber ideal yang paing banyak dicari untuk menurunkan berat badan.

Konsumsilah mentimun sebagai bahan campuran pada sayur atau salad. Jika mentimun bukan merupakan cemilan favorit Anda, Anda dapat memasukkan potongan mentimun ke dalam krim yogurt rendah kalori.

Mengunyah mentimun juga baik untuk menambah kekuatan rahang. Serat dalam mentimun bermanfaat untuk lancarnya pencernaan. Konsumsi secara rutin dapat menyembuhkan sembelit akut.
  • Mentimun memperindah mata
Meletakkan potongan tipis mentimun ke mata yang bengkak dapat mengurangi pembengkakan kantong mata dan menghilangkan bayangan hitam di bawah mata. Hal ini disebabkan mentimun memiiki zat anti peradangan.
  • Mentimun mampu melawan penyakit kanker
Mentimun diketahui mengandung secoisolariciresinol, lariciresinol dan pinoresinol. Ketiga zat tersebut mampu mengurangi resiko berbagai macam kanker seperti kanker rahim, payudara dan prostat.
  • Mentimun dapat mengobati diabetes, mengurangi kolesterol dan mengontrol tekanan darah
Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan sel di pancreas untuk memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Para peneliti menemukan kandungan yang bernama sterol pada mentimun yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Nutrisi dalam mentimun, yaitu serat, potassium dan magnesium adalah zat yang efektif untuk mengatur tekanan darah. Inilah alasan mengapa mentimun baik untuk mengobati tekanan darah rendah maupun tekanan darah tinggi.
  • Mentimun menghilangkan bau mulut
Jus mentimun dapat menyembuhkan gusi yang bermasalah dan menyegarkan mulut. Letakkan satu potong tipis mentimun pada langit-langit mulut, tekan dengan lidah selama setengah menit. Kandunganphytochemicials akan membunuh bakteri pada mulut Anda yang menyebabkan bau mulut.
  • Mentimun dapat melembutkan rambut dan kuku
Mineral yang bernama silica yang terkandung dalam mentimun dapat membuat rambut dan kuku Anda terlihat berkilau dan kuat. Sulfur dan silika pada mentimun mampu merangsang pertumbuhan rambut.
  • Mentimun menyembuhkan sakit kepala di pagi hari
Untuk menghilangkan sakit kepala ketika bangun tidur, Anda dapat mengonsumsi beberapa potong mentimun sebelum tidur. Mentimun mengandung vitamin B dan electrolytes yang berguna mengobati sakit kepala.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...