Manfaat lain dari buah mentimun

buah mentimun
Buah ketimun atau biasa disebut dengan nama timun atau mentimun selain sering dipakai untuk bahan rujaan juga sangat bermanfaat untuk Kesehatan Badan. Buah timun memiliki banyak manfaat sebagai untuk Obat Alami, bermanfaat untuk kecantikan dll. Tidak cuma itu ternyata ketimun juga berkhasiat sebagai Obat Herbal diantaranya adalah untuk menyembuhkan hipertensi/tekanan darah tinggi, bisa bermanfaat untuk peluruh racun atau detoks, untuk melangsingkan pelangsing tubuh, bisa untuk mengatasi selulit dll.

Banyak sekali kandungan vitamin serta zat lain yang terdapat dalam buah mentimun seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat fosfor, zat kalium, seng, kalsium, magnesium serta zat besi. Sedangkan untuk kandungan gizi yang terdapat dalam buah mentimun bisa digunakan untuk diet serta produk kecantikan.

Kalau dalam kehidupan sehari hari buah timun banyak di gunakan sebagai bahan untuk rujak dan lalapan, padahal ada juga manfaat lain terutama manfaat untuk kesehatan yang didapat dari buah mentimun. Buah mentimun bermanfaat untuk membantu sekresi didalam urin sehingga dapat bertindak sebagai diuretik alami. Buah ketimun juga sangat bermanfaat untuk ginjal, kandung kemih, hati, pencernaan protein, tekanan darah dan penyakit pankreas.

Jika ada yang menderita rematik yang disebabkan karena peningkatan konsentrasi asam urat dalam tubuh bisa memanfaatkan dan mencampurkan buah ketimun dan jus wortel, bayam dan jus selada yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Menkonsumsi jus mentimun sangat baik untuk penyakit mulut termasuk juga seperti penyakit gusi serta gigi. Kandungan cairan yang tinggi juga membuat kulit bisa tampak berseri. Asupan mentimun secara rutin, baik untuk arthritis, asam urat dan eksim.

Ketimun untuk Detoksifikasi
Buah ketimun banyak mengandung kadar air (hampir mencapai 90%), Banyaknya kandungan air dalam ketimun ini sangat bagus untuk memperlancar buang air kecil, juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan serta menetralkan toksin atau racun, kemudian juga dapat membantu melunturkan bakter-bakteri yang terdapat di sepanjang saluran usus serta dinding kandungan kemih.

Timun bermanfaat untuk obat hipertensi
Persiapkan 2 buah timun, kemudian dicuci, lalu diparut, setelah itu di peras. Kemudian minum air hasil perasan ketimun tersebut. Lakukanlah 2-3 kali sehari.

Buah mentimun untuk anti serangga
Mungkin banyak yang belum mengetahui jika buah timun berguna sebagai anti kecoa serta anti semut. Caranya adalah siapkanlah kulit buah kentimun, lalu buah timun dipotong-potong, kemudian rendam dalam jus mentimun selama kurang lebih satu jam. Kemudian ambilah kulit tersebut, lalu dikeringkan dengan memakai oven bersuhu sekitar 200 C, setelah itu hancurkanlah hingga menjadi serbuk. Setelah itu masukkan serbuk kulit dari mentimun ke dalam blender, kemudian dicampur dengan daun salam yang sudah direndam dalam jus mentimun. Setelah itu keluarkanlah dan jemur sampai mengering. Cara pemakaiannya adalah sebarkanlah serbuk yang dibuat tadi yang sudah kering ke tempat yang banyak semutnya.

Buah ketimun untuk mengobati diare pada anak
Persiapkan 1 buah timun, lalu dicuci, kemudian di rebus, setelah itu haluskan. Proses selanjutnya disaring, dan ambil airnya, beri hasil saringan air ketimun tersebut dengan sedikit madu. Kemudian minumkan ramuan tersebut hingga diare mampet.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...